Review Manga Spy X Family

Selamatkan dunia dengan agen Spesialis Elit: keluarga Forger! Komedi mata-mata yang gemerlap!

-Judul alternatif: Spy Family
-Judul asli: スパイファミリー
-Rilis: Jepang, 2019
-Genre: Action Comedy Drama Romance Shounen Slice of Life Supernatural
-Topik: Pembunuhan – Spionase – Keluarga -Kebohongan – Organisasi rahasia
-Pengarang: Endo Tatsuya
-Penerbit: Shueisha
-Serialisasi: Shounen Jump +
-Jumlah Volume: 6 (Dalam proses)
-Usia yang disarankan: 14 tahun ke atas
-Untuk publik yang terinformasi: Ya (kekerasan sedang)

Selamatkan dunia dengan agen Spesialis Elit: keluarga Forger! Komedi mata-mata yang gemerlap!

Twilight , mata-mata terhebat di dunia, harus menjalankan misi barunya untuk membangun keluarga dari awal agar dapat memasuki sekolah bangsawan paling bergengsi. Benar-benar tanpa pengalaman dalam berkeluarga, dia mengadopsi seorang gadis kecil yang tidak diketahuinya bahwa dia adalah seorang Esper, dan hidup bersama dengan seorang wanita muda yang pemalu, yang tidak diketahui bahwa dia adalah pembunuh bayaran yang hebat. Trio kelarga ini memulai hidup bersama dengan menyembunyikan identitasnya masing-masing, seraya menemukan nilai-nilai sejati dari sebuah keluarga yang penuh kasih, sakinah mawaddah warahmah.

Karakter

Twilight / Loid Forger

Loid adalah mata-mata yang memiliki kemampuan tempur, memori, dan pemrosesan informasi yang luar biasa. Dia menggunakan berbagai wajah dan nama dalam setiap misi, meskipun secara umum dia dikenal dengan nama kodenya, “Twilight.” Untuk dapat menjalankan misinya saat ini, ia diharuskan memiliki seorang anak yang terdaftar di sekolah bergengsi di mana salah satu kualifikasi penerimaannya adalah “kedua orang tua hadir”, maka ia menciptakan keluarga palsu dengan mengadopsi Anya dan menikahi Yor. Dia ahli dalam memasak dan membersihkan. Dulunya seorang yatim piatu perang, ia menjadi mata-mata untuk menciptakan “dunia di mana anak-anak tidak menangis”.

Thorn Princess / Yor Forger

Terlihat sebagai karyawan wanita di Balai Kota Berlint, Yor sebenarnya adalah seorang pembunuh terampil yang dijuluki “Thorn Princess “. Nama gadis Yor sebelum dinikahi Loid adalah Briar. Dia berumur 27 tahun. Tanpa mengetahui siapa sebenarnya Loid, dan percaya bahwa Anya adalah putri Loid yang sebenarnya dari pernikahan sebelumnya, dia setuju untuk menikah palsu sehingga tidak akan tampak curiga bahwa dia adalah pembunuh bayaran. Dia memiliki seorang adik laki-laki bernama Yuri, yang merupakan seorang pegawai negeri dan sifat terlalu manja padanya.

Anya Forger

Seorang gadis muda Esper yang bisa membaca pikiran orang lain , Anya adalah satu-satunya yang tahu keseluruhan situasi keluarganya. Dia tampaknya berusia 4 atau 5 tahun, tetapi mengaku berusia 6 tahun jadi Loid mengadopsi dia. Awalnya subjek percobaan manusia yang dijuluki “Subjek 007”, dia melarikan diri karena dia muak dengan kehidupan di mana dia tidak bisa berperilaku seperti anak kecil. Karena kemampuannya, Anya tidak pandai bergaul. Selain itu, karena dia belum mendapatkan pendidikan yang layak, dia tidak pandai belajar tetapi menebusnya dengan membaca pikiran orang lain untuk mendapatkan jawaban, meskipun tampaknya dia tidak dapat menggunakan kemampuannya saat malam bulan baru terbit. Dia suka kartun mata-mata dan menganggap segala sesuatu yang melibatkan agen “rahasia” dan “misi” itu menyenangkan bagi anya.

Bond

Anjing peliharaan keluarga Forger, Bond awalnya adalah subjek tes anjing Project Apple bernama “Subjek 8” . Ia memiliki kemampuan untuk melihat menuju masa depan yang hanya diketahui oleh Anya melalui telepati. Dia bertemu Anya dan keluarga Forger saat digunakan dalam serangan bom teroris dan kemudian diadopsi menjadi bagian keluarga Forger. Dia dinamai dalam karakter kartun favorit Anya, Bondman.

Riwayat

Spy x Family, nama yang “x” merupakan terinspirasi dari Hunter x Hunter adalah manga yang memulai pra-publikasi dua bulanan pada 25 Maret 2019 di platform digital Shueisha “Shonen Jump +”. Sebuah kesuksesan editorial yang mempesona, manga, dengan hampir 5 volume yang terikat, adalah yang ke-9 terlaris di Jepang pada tahun 2020 dengan 4,5 juta eksemplar terjual dan sangat populer di kalangan Toko Buku Jepang. Perhatikan juga bahwa Spy X Family dengan cepat tersebar ke seluruh dunia dengan publikasi fisik ata Hardcopy sejak 2020 di Amerika Serikat, Spanyol, Argentina, dan Prancis.

Saat Anda membuka manga, gambar Endo Tatsuya yang sangat estetika adalah hal pertama yang menarik perhatian. (saya dapat memahaminya karena tahu bahwa dia adalah asisten Tatsuki Fujimoto dari manga Fire Punch.) Penampilan grafis tertentu muncul dari halaman, saat melihat dan membacanya, dalam hal penampilan karakter, saya merasa detail sangat mengesankan dan halus (tentang pakaian, gaya rambut, wajah, dll.)dilakukan bersama dengan editor Ini memberi kita gambaran karakter yang bervariasi dan baik yang semuanya dapat mudah dilihat. Ekspresi mereka, seringkali sangat lucu, ditranskripsikan dengan sempurna dan dengan mudah mengungkapkan bidang emosi yang luas. Kualitas ini penting untuk karya tersebut, karena memungkinkan pembaca untuk mengidentifikasi dengan berbagai protagonis, merasakan empati dan keterikatan pada karakter. Karena, mari kita ingat, tanpa kontak mata yang begitu positif, humor manga akan berkurang.

Desain Karakter


Keindahan desain juga ditemukan melalui berbagai sudut pandang yang menawarkan gambaran yang kental dan setiap detail sangat disesuaikan dengan situasi, pembagian kotak yang sangat dinamis dan sinematografi. Selain itu, kontras lainnya, wajah karakter menjadi sangat tegang, gelap, serius dan mengancam sementara biasanya mereka tersenyum, polos. Pada kesempatan ini, penulis tidak segan-segan menggelapkan seiap panelnya dan membiarkan gayanya bereskpresi, misalnya dengan menyisipkan banyak garis dan awan asap untuk menambah dinamisme, memperkuat gerakan dan ledakan.

Baca Juga: Rekomendasi Manga Shounen no Abyss (Boy’s Abyss) dari karya yang sama dengan “Hatsukoi Zombie”

Plot atau Cerita


Pada tingkat cerita, ide plot di atur dalam latar perang dingin antara Western (barat) dan Eastern (timur) yang sangat gelap, karena memungkinkan untuk membenarkan pekerjaan kedua orang tua dalam periode yang penuh dengan spionase dan pembunuhan tetapi juga memperlihatkan pembaca untuk tenggelam ke dalam alam semesta secara langsung yang menggambarkan periode sejarah yang sangat terkenal. Selain itu, ini juga memungkinkan mangaka untuk menciptakan suasana teror di mana pengawasan terhadap penduduk dan kecaman sewenang-wenang terjadi. Melalui keadaan latar dunia ini, Endo Tatsuya berusaha membuat pembaca sadar akan risiko yang ditimbulkan oleh Twilight, yang harus tetap terjaga kerahasiaannya, antara pertikaian orang-orang dari pemerintahan dan perburuan mata-mata. Keadaan dunia yang mengeluarkan suasana tegang bahkan gelap tetapi sebagian besar diringankan oleh humor yang ada di mana-mana dalam karya tersebut dan juga oleh kenaifan dan kebaikan Anya.

Perlu dicatat bahwa cerita spionase atau mata-mata tidak terlalu banyak di pangsa pasar atau penjualan manga dan bahkan akan berkurang menurun ketika beralih komedi. Manga ini memberikan perbedaan yang menarik dan dapat dikenal oleh pembaca seperti hal lainnya The Promised Neverland ketika dirilis, atau Chainsaw Man dalam beberapa nama. Sisi yang menyegarkan ini memainkan peran yang sangat positif dalam perasaan pembaca.

Humornya, bukan serial lelucon sederhana yang membuat kamu tersenyum, melainkan komedi yang kerap menimbulkan tawa. Penulis memainkan cerita situasional yang sangat terkontrol, gambaran wajah yang akan diingat pembaca bahkan setelah membaca (dedikasi dari senyuman Anya) dalam banyak hal yang terkenal dengan mimik wajahnya yang lucu dan memeable. Misalnya, antara aksi ekstrim Twilight dan ketidakdewasaan Anya yang mengambil misi untuk sebuah permainan, antara niat baik Yor dan dorongan pembunuhannya, antara kasih sayang keibuan Yor dan ketakutan yang dimilikinya. bagi Anya Pergeseran ini membuka jalan bagi banyak kesalahpahaman, di mana karakter memahaminya, karena mereka tidak tahu identitas mereka, kebalikan dari apa yang seharusnya dipahami keluarga pada umumnya. Orang dapat berpikir, sebagai contoh, dari banyak kejadian di mana Loid melakukan interpretasi tajam atas tindakan putrinya tanpa mengetahui bahwa ini adalah apa yang anya inginkan. Kebanyakan situasi, meski tetap masuk akal, sangat mustahil sehingga akhirnya menjadi sangat lucu. Meskipun ada beberapa misteri yang belum terungkap (Apa yang mendorong Yor dan Loid untuk melakukan pekerjaan seperti itu, orang-orang yang mempekerjakan mereka, masa depan keluarga setelah misi terpenuhi),di balik itu ada sisi humor yang muncul dari ketegangan cerita. Pembaca mendapati dirinya mengalami dorongan yang tak tertahankan untuk membalik halaman karena dia tahu dia menghadapi komedi dan akibatnya, dia tahu betul bahwa beberapa halaman berikutnya yang mungkin bisa membuatnya tertawa atau menginspirasi humor. Jika pembaca ini selaras dengan humor, nafsu membaca ini tidak akan tertahankan sampai dia menyelesaikan membaca buku sepenuhnya.

Oleh karena itu, Spy x Family layak mendapatkan rating yaang tinggi. Semuanya terangkum: gambar, Latar Setting, skenario, humor. Beberapa aspek yang menarik lainnya.

Dinominasikan sebagai Manga Taishou Award  ke-12 pada tahun 2019 dan mendapatkan posisi kedua, Masuk dalam daftar Manga terbaik Polygon juga dinominasikan untuk Hadiah Budaya Tezuka Osamu ke-24 dan Manga Shounen Terbaik dari Kodansha  Manga Awards ke-44 pada tahun 2020 dan Manga Terbaik Pembaca Pria Kono Manga ga Sugoi edisi 2020.

Exit mobile version