cara akses dark web dan deep web (1)

Cara Akses Dark Web atau Deep Web dengan Aman

Cara mengakses Dark Web dan Deep Web dengan aman
Cara mengakses Dark Web dan Deep Web dengan aman

Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengakses Dark Web dengan aman dan tanpa nama menggunakan Tor. Jangan berselancar langsung ke Dark Web tanpa mengetahui apapun. Lakukan tindakan pencegahan ini untuk melindungi diri Anda sendiri!

cara akses dark web dan deep web (1)

Google hanya mengindeks sebagian kecil dari internet. Menurut beberapa perkiraan, web berisi konten 500 kali lebih banyak daripada yang ditampilkan Google dalam hasil pencarian. Tautan yang ditampilkan oleh Google dan mesin telusur lain saat Anda mengetik kueri yang dikenal sebagai “web permukaan” hanya sebagian saja, sedangkan semua konten lain yang tidak dapat ditelusuri disebut sebagai “Deep Web” atau “Invisble Web”.

Dark Net atau Dark Web merupakan sebagian kecil dari web yang mendalam. Dark Web terdiri dari situs web dan layanan yang sengaja disembunyikan. Baik pemilik dan pengguna Dark Web. Meskipun tidak semua yang ada di Dark Net itu ilegal, di sanalah Anda akan menemukan banyak situs pasar gelap , forum peretas, vendor malware, dan situs terlarang lainnya.

Apa itu Dark Web?

Dark Web atau Dark Net adalah bagian kecil dari web dalam yang sengaja disembunyikan. Website dan data pada Dark Web biasanya memerlukan alat khusus untuk bisa diakses.

Jenis situs yang paling sering dikaitkan dengan Dark Web adalah pasar tempat barang ilegal seperti narkotika, senjata api, dan penjualan nomor kartu kredit curian atau ilegal. Bagian tergelap dari Dark web sampai digunakan untuk mempekerjakan pembunuh bayaran, terlibat dalam perdagangan manusia, dan pornografi anak dibaawah usia.

Lebih dari itu, Dark Web berisi konten dan data yang dapat diakses tanpa menyebut nama. Bisa berupa blog, forum, ruang obrolan, atau server pribadi.

Keunikan Dark Web adalah anonimitas. Tidak ada yang tahu siapa orang lain di dunia nyata, selama mereka melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan. Identitas pengguna aman dari mata pemerintah dan perusahaan yang mengintai.

Dark Web dan Tor sering digunakan oleh jurnalis dan pelapor untuk bertukar informasi sensitif, termasuk Edward Snowden. Data dump Ashley Madison, yang telah diposting ke situs yang hanya dapat diakses oleh pengguna Tor.

Cara mengakses Dark Web dengan aman

cara akses dark web dan deep web (2)

Untuk mengakses sebagian besar Dark Web, Anda memerlukan Tor. Tor adalah jaringan relai sukarelawan yang digunakan untuk merutekan koneksi internet pengguna. Sambungan dienkripsi dan semua lalu lintas memantul di antara relai yang berlokasi di seluruh dunia, membuat pengguna menjadi anonim atau tak teridentifikasi.

Cara Akses Browser Tor

Cara termudah untuk mengakses Tor adalah melalui Tor Browser . Anda dapat mengunduh dan menginstalnya secara gratis . Anda mungkin ingin menyembunyikan unduhan Tor Browser Anda menggunakan VPN dan mode privat / browser penyamaran Anda yang ada.

cara akses dark web dan deep web (3)

Berdasarkan Firefox, Tor Browser memungkinkan Anda menjelajahi ke dalam Dark Web. Semua lalu lintas Anda secara otomatis dialihkan melalui Jaringan Tor. Pastikan untuk mengunduh Tor Browser hanya dari situs web resmi, untuk menghindari resiko malware, spyware, atau virus lain menuju perangkat Anda.

Secara resmi, Tor Browser hanya tersedia di Windows, Mac, Android dan Linux. Banyak ahli menyarankan agar tidak menggunakan browser seluler pihak ketiga yang memanfaatkan Jaringan Tor (pengguna iOS)

Keamanan tambahan: Gunakan VPN

Penyedia internet dan website dapat mendeteksi kapan Tor akan digunakan karena IP node Tor bersifat publik. Meskipun situs web tidak dapat mengidentifikasi Anda dan ISP tidak dapat mendekripsi lalu lintas internet Anda, mereka dapat melihat bahwa Tor sedang digunakan. Ini dapat menimbulkan kecurigaan dan menarik perhatian yang tidak diinginkan.

cara akses dark web dan deep web (4)

Jika Anda ingin menggunakan Tor secara privasi, Anda dapat menggunakan VPN atau Tor Bridges (node Tor yang tidak diindeks secara publik). Pengguna Tor di Lainnya mungkin biasanya menggunakan VPN, yang akan lebih cepat dan lebih andal.

Saat menggunakan VPN untuk Dark Web, ISP Anda tidak akan dapat melihat bahwa Anda terhubung ke node Tor, hanya tunnel yang terenkripsi ke server VPN.

NordVPN adalah pilihan #1 untuk Tor dan telah dirancang dengan mempertimbangkan pengguna Tor.

Menavigasi Dark Web

Sekarang Anda memiliki Tor, Anda dapat mengakses Dark Web. Situs Dark net yang disebut “Tor hidden services”, dan mereka dapat dibedakan dari situs web normal melalui URL-nya.

Alih-alih “.com” atau “.org”, alamat situs Dark web dapat dibedakan dengan domain level teratas “.onion”.

cara akses dark web dan deep web (5)

Tentunya, menemukan situs (.onion) ini adalah tantangan pertama, karena tidak akan muncul di hasil penelusuran Google. Anda tidak bisa hanya mencari di Google dan berharap untuk memasuki situs Dark Web.

Ada beberapa mesin pencari dark net yang mengindeks situs .onion termasuk NotEvil  , Ahmia , Candle , dan Torch  . Ada juga direktori seperti dark.fail.

*Tolong Jangan Sembarang Membuka Link tersebut tanpa mengetahui apapun

Selalu berhati-hati saat menggunakan URL .onion yang diposting secara publik. Jika Anda tidak bisa mendapatkan rekomendasi pribadi dari seseorang yang Anda percayai, dapatkan URL yang terverifikasi dari berbagai sumber berbeda.

Dark Web memiliki banyak scam, situs phishing, dan malware yang dirancang untuk mengelabui pemula. Tautan yang diposting ke web yang terlihat jelas seringkali berbahaya. Dan karena penggunaan HTTPS sangat sedikit di dark net, memverifikasi apakah situs web asli menggunakan sertifikat SSL tidak dapat dilakukan.

Reddit juga merupakan sumber berharga untuk menemukan Dark Net atau Dark Web yang Anda cari. Coba subreddit /r/deepweb, /r/onions, dan /r/Tor.

Anonimitas ada di tangan Anda

Sekarang Anda dapat menjelajahi situs Dark Web dan wiki tersembunyi dengan aman, tetapi jika Anda berencana melakukan lebih dari itu, Anda harus melakukan beberapa tindakan pencegahan. Jika Anda berencana membeli sesuatu di pasar gelap seperti “Silk Road”, misalnya untuk mendapatkan obat-obatan yang sangat dibutuhkan ibu Anda yang sekarat bertahan hidup. Anda harus membuat identitas palsu. Itu berarti menyiapkan email terenkripsi dengan alamat email baru, mengenkripsi pesan dengan PGP, menggunakan nama samaran, menyiapkan dompet bitcoin anonim, menonaktifkan Javascript di Tor Browser, meneliti vendor, dan banyak hal lainnya yang dipersiapkan.

Sekali lagi, kami tidak cukup menyaranakan bahwa keamanan dan anonimitas adalah yang terpenting bagi situs Dark Web. ISP Anda dan pemerintah mungkin tidak dapat melihat aktivitas Anda saat berada di Jaringan Tor, tetapi mereka tahu Anda berada di Jaringan Tor, dan itu saja sudah cukup untuk menaikkan kecurigaan. Faktanya, keputusan Mahkamah Agung Berbagai negara baru-baru ini menunjukkan bahwa hanya menggunakan Tor sudah cukup menjadi alasan bagi penegak hukum untuk mencari dan menyita komputer mana pun di seluruh dunia.

Tindakan pencegahan penting lainnya adalah memastikan bahwa URL .onion Anda sudah benar. URL .onion umumnya berisi string huruf dan angka yang terlihat acak. Setelah Anda yakin bahwa Anda memiliki URL yang benar, simpan dalam catatan terenkripsi — browser Tor tidak akan menyimpannya dalam cache. Jika tidak, ada kemungkinan besar anda menjadi korban penipuan phishing seperti mixer bitcoin palsu.

Kami sangat menyarankan untuk menggunakan lapisan keamanan lain melalui VPN.

Apa itu Deep Web?

Deep Web sering disalahartikan sebagai dark net. Sederhananya, Deep Web adalah semua informasi yang disimpan secara online yang tidak diindeks oleh mesin telusur. Anda tidak memerlukan alat khusus atau browser dark net untuk mengakses sebagian besar Deep Web, Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya. Mesin telusur, direktori, dan wiki khusus yang dapat membantu pengguna menemukan data yang mereka cari.

Sebagian besar informasi disembunyikan hanya karena sebagian besar pengguna tidak akan menganggapnya relevan. Sebagian besar tersimpan dalam database yang tidak diminati atau dilarang oleh Google untuk ditelusuri. Banyak di antaranya sudah tua dan ketinggalan zaman. Konten aplikasi iPhone, file di akun Dropbox Anda, jurnal akademis, catatan pengadilan, dan profil media sosial pribadi adalah contoh data yang belum tentu diindeks oleh Google tetapi masih ada di internet.

Banyak mesin telusur Deep Web umum terbaik telah ditutup atau dimatikan seperti Alltheweb, DeeperWeb, dan CompletePlanet. Saat ini hanya ada beberapa yang menawarkan hasil yang lebih lengkap dari Google, Bing, atau Yahoo:

Dogpile  – Mesin metasearch yang mengumpulkan hasil dari beberapa mesin pencari lain, menghapus duplikat dan memberikan hasil pencarian

WWW Virtual Library  – Indeks asli web, tetapi lebih merupakan direktori daripada mesin pencari.

Ini aman, tetapi mesin telusur khusus cenderung lebih baik daripada mesin telusur umum dalam menemukan info di Deep Web. Jika Anda mencari kasus pengadilan, misalnya, gunakan pencarian catatan publik negara bagian atau negara Anda. Jika Anda membutuhkan jurnal akademis, lihat artikel kami tentang menggunakan mesin telusur web dalam untuk penelitian akademis dan ilmiah . Semakin spesifik Anda maka akan semakin baik atau jika tidak, Anda nantinya hanya akan mendapatkan hasil pencarian yang sama seperti yang Anda temukan di Google. Jika Anda memerlukan jenis file tertentu, seperti file Excel atau PDF, pelajari cara menentukan pencarian untuk jenis file tersebut (misalnya, ketik “filetype: PDF” dalam kueri Anda).

Baca Juga: 15 Tips, Trik, dan Fitur Tersembunyi PlayStation 5

VPN melalui Tor vs Tor melalui VPN

VPN memungkinkan pengguna mengenkripsi semua lalu lintas internet yang pergi dan masuk dari perangkatnya dan merutekannya melalui server di lokasi yang dipilih pengguna. Kombinasi VPN dengan Tor semakin menambah keamanan dan anonimitas pengguna.

Meskipun agak mirip, Tor menekankan pada anonimitas, sedangkan VPN menekankan privasi.

Menggabungkan keduanya mengurangi risiko, tetapi ada perbedaan penting dalam cara kedua alat ini berinteraksi. Mari kita bahas Tor melalui VPN.

Jika Anda terhubung ke VPN dan menjalankan Tor Browser, Anda menggunakan Tor melalui VPN, ini adalah metode yang paling umum. Semua lalu lintas internet perangkat Anda terlebih dahulu masuk ke server VPN, kemudian masuk melalui Jaringan Tor sebelum berakhir ke tujuan akhir. ISP Anda hanya melihat lalu lintas VPN terenkripsi, dan tidak akan tahu bahwa Anda menggunakan Tor. Anda dapat mengakses situs web .onion secara normal.

cara akses dark web dan deep web (6)

Tor memlaui VPN mengharuskan Anda untuk mempercayai penyedia VPN Anda, yang dapat melihat bahwa Anda menggunakan Tor dan menyimpan log metadata, meskipun Tor tidak dapat benar-benar melihat konten lalu lintas Tor terenkripsi Anda. VPN tanpa log, yang tidak menyimpan log lalu lintas atau log sesi apa pun sangat sering dipakai. Log lalu lintas berisi konten lalu lintas internet Anda, seperti kueri penelusuran dan situs web yang Anda kunjungi, sedangkan log sesi berisi metadata seperti alamat IP Anda, saat Anda masuk ke VPN, dan berapa banyak data yang ditransfer. Log lalu lintas adalah masalah yang lebih besar daripada log sesi, tetapi tidak ada yang baik.

Untuk fungsionalitas Tor melalui VPN bawaan , NordVPN mengoperasikan server khusus yang secara otomatis mengarahkan Anda melalui jaringan Tor. Anda bahkan tidak perlu menggunakan Tor Browser, tetapi perlu diingat browser lain masih dapat mengirimkan informasi pengenal melalui jaringan. Alternatifnya, ada IPVanish yang mengklaim sebagai VPN nomor satu dunia untuk Tor dan sangat direkomendasikan.

Tor melalui VPN juga tidak melindungi pengguna dari node keluar Tor yang berbahaya. Karena node Tor terdiri dari sukarelawan, tidak semuanya bermain sesuai aturan. Relai terakhir sebelum lalu lintas Anda masuk ke situs web tujuan dikenal sebagai node keluar. Node keluar mendekripsi lalu lintas Anda dan dengan demikian dapat mencuri informasi pribadi Anda atau memasukkan kode berbahaya. Selain itu, node keluar Tor sering diblokir oleh situs web yang tidak dipercaya, dan Tor melalui VPN juga tidak dapat berbuat apa-apa.

Lalu ada VPN yang kurang populer daripada Tor, yang tidak disarankan oleh Proyek Tor resmi. Hanya dua penyedia VPN yang kami ketahui, AirVPN dan BolehVPN, meskipun keduanya tidak mendapat skor tinggi untuk kecepatan. Dalam hal ini, urutan kedua alat akan dialihkan. Lalu lintas Internet pertama-tama melewati Jaringan Tor, dan kemudian melalui VPN. Ini berarti penyedia VPN tidak melihat alamat IP asli Anda dan VPN melindungi Anda dari node keluar yang buruk.

Kekurangan terbesarnya adalah ISP Anda akan tahu bahwa Anda menggunakan Tor, yang menjadi perhatian di beberapa tempat dan akan membuat banyak orang berhenti menggunakan metode ini. Dalam hal ini, juga penting untuk menggunakan VPN tanpa log dan membayar dengan Bitcoin jika Anda bisa tetap menjaga anonimitas. Teknik VPN melalui Tor juga rentan terhadap banyak serangan.

Tor melalui VPN mengharuskan Anda untuk menaruh kepercayaan pada penyedia VPN Anda tetapi bukan pada ISP Anda dan yang terbaik adalah jika Anda ingin mengakses situs web .onion.

VPN melalui Tor mengharuskan Anda menaruh kepercayaan pada ISP Anda tetapi bukan VPN Anda dan yang terbaik adalah jika Anda ingin menghindari node keluar Tor yang buruk. Beberapa orang menganggap VPN melalui Tor lebih aman karena menjaga anonimitas selama keseluruhan proses (dengan asumsi Anda membayar VPN Anda secara anonim). Meskipun Proyek Tor resmi menyarankan untuk tidak menggunakan VPN daripada Tor, kedua metode tersebut lebih baik daripada tidak menggunakan VPN sama sekali.

Peringatan utama adalah kecepatan. Karena semua node yang dilewati lalu lintas Anda, Tor dengan sendirinya membatasi bandwidth secara signifikan. Menambahkan VPN ke dalamnya, bahkan yang cepat seperti IPVanish akan membuatnya semakin lambat, jadi harap bersabar.

I2P

I2P adalah jaringan anonim alternatif untuk Tor. Tidak seperti Tor, bagaimanapun, itu tidak dapat digunakan untuk mengakses internet publik. Ini hanya dapat digunakan untuk mengakses layanan tersembunyi khusus untuk jaringan I2P. I2P tidak dapat digunakan untuk mengakses situs .onion karena merupakan jaringan yang sepenuhnya terpisah dari Tor. Sebaliknya, I2P menggunakan merek situs tersembunyi miliknya sendiri yang disebut “eepsites”.

Jadi mengapa Anda menggunakan I2P dan bukan Tor?, ini jauh lebih tidak populer, tidak dapat digunakan untuk mengakses situs web normal, dan tidak mudah digunakan, di antara kerugian lainnya. Keduanya mengandalkan struktur perutean peer-to-peer(p2p) yang dikombinasikan dengan enkripsi berlapis untuk menjadikan penjelajahan pribadi dan anonim.

I2P memang memiliki beberapa keunggulan. Ini jauh lebih cepat dan dapat diandalkan daripada Tor karena sejumlah alasan teknis. Struktur perutean peer-to-peer lebih maju dan tidak bergantung pada direktori tepercaya untuk mendapatkan informasi rute. I2P menggunakan terowongan satu arah, jadi penyadap hanya dapat menangkap lalu lintas keluar atau masuk, tidak keduanya.

Menyiapkan I2P membutuhkan lebih banyak konfigurasi di pihak pengguna daripada Tor. I2P harus diunduh dan diinstal, setelah itu konfigurasi dilakukan melalui konsol router. Kemudian masing-masing aplikasi harus dikonfigurasi secara terpisah untuk bekerja dengan I2P. Di browser web, Anda perlu mengkonfigurasi pengaturan proxy browser Anda untuk menggunakan port yang benar.

Freenet

Seperti I2P, Freenet adalah jaringan mandiri di dalam jaringan yang tidak dapat digunakan untuk mengakses situs di web publik. Ini hanya dapat digunakan untuk mengakses konten yang diunggah ke Freenet, yang merupakan datastore terdistribusi peer-to-peer. Tidak seperti I2P dan Tor, Anda tidak memerlukan server untuk menghosting konten. Setelah Anda mengunggah sesuatu, itu tetap di sana tanpa batas waktu bahkan jika Anda berhenti menggunakan Freenet, selama itu populer.

Freenet memungkinkan pengguna untuk terhubung dalam salah satu dari dua mode: darknet dan opennet. Mode Darknet memungkinkan Anda untuk menentukan siapa teman Anda di jaringan dan hanya menghubungkan dan berbagi konten dengan mereka. Ini memungkinkan sekelompok orang untuk membuat jaringan anonim tertutup yang hanya terdiri dari orang-orang yang mereka kenal dan percayai.

Sebagai alternatif, pengguna dapat terhubung dalam mode opennet, yang secara otomatis menetapkan rekan di jaringan. Tidak seperti mode darknet, opennet menggunakan beberapa server terpusat selain jaringan peer-to-peer yang terdesentralisasi.

Konfigurasi cukup mudah. Cukup unduh, instal, dan jalankan. Saat Anda membuka browser default Anda, Freenet akan siap dan dijalankan melalui antarmuka berbasis webnya. Perhatikan bahwa Anda harus menggunakan browser terpisah dari yang biasanya Anda gunakan untuk membantu memastikan anonimitas.

Freenet masih merupakan eksperimen yang dirancang untuk menahan serangan denial-of-service dan sensor.

Download Tor